Breaking News
recent

PERKEMBANGAN 4G YANG MENGHASILKAN 4.5G


Joker Teknologi - LTE adalah teknologi yang didaulat akan menggantikan UMTS/HSDPA. LTE diperkirakan akan menjadi standarisasi telepon selular secara global yang pertama. Namun, Operator telekomunikasi asal Hongkong, HKT dan Huawei mengklaim telah berhasil melakukan ujicoba perdana teknologi jaringan 4.5G LTE, dengan kecepatan yang tembus hingga 1Gbps.

Teknologi 4.5G sendiri merupakan evolusi terbaru dari platform jaringan 4G LTE (Long Term Evolution). Kesuksesan uji jaringan ini tentu tak bisa dilepaskan dari keberadaan vendor, dalam hal ini Huawei Networks.Jaringan 4.5G yang tersebar dapat mendukung mode TDD (Time Division Duplex) dan FDD (Frequency Division Duplex) secara bersamaan.Jaringan tersebut dioperasikan pada frekuensi 800MHz dan frekuensi terbaru 2.300MHz.Dengan didukung dua standar LTE, yaitu TDD dan FDD, perangkat yang telah mendukung jaringan 4G LTE bekerja lebih optimal dibandingkan dengan dengan jaringan-jaringan yang hanya didukung satu standar LTE.


Jaringan tersebut juga dapat bekerja di dua frekuensi sehingga dapat menghadirkan kombinasi antara cakupan data yang luas dan bandwidth yang optimal.4.5G dapat digelar dengan mulus dan disaksikan hingga mencapai kecepatan puncak download 1,2 Gbps. Ini merupakan tonggak penting menuju ketersediaan komersial 4.5G, yang diharapkan akan ditawarkan komersial pada tahun 2016.HKT dikenal sebagai pelopor penyedia layanan mobile broadband di Hong Kong. HKT meluncurkan dua komponen carrier (2cc) agregasi carrier (CA) jaringan pertama Hong Kong pada tahun 2014, yang menawarkan kecepatan download untuk single-user hngga 300Mbps.

Awal tahun ini, HKT dan Huawei menunjukkan  IP-RAN pertama berbasis 3cc CA pertama di dunia dengan level kecepatan single-user 450 Mbps. Hari ini demonstrasi memperkenalkan 4CC CA jaringan pertama di dunia, dengan kecepatan download puncak yang 2,6 kali lebih cepat dari rekor CA jaringan 3cc terdahulu.Dengan diperkenalkannya teknologiLTE  4.5G, operator bakal mampu meningkatkan pengalaman pengguna dan mendukung proliferasi komunikasi mesin-ke-mesin (M2M)  dan Internet of Things (IoT), serta aplikasi mobile internet generasi baru, seperti mereka yang menggunakan kacamata virtual reality dan teknologi pesawat nirawak (drone).


Sebagai salah satu kota yang paling maju di dunia, Hong Kong tercatat berada di barisan depan dalam implementasi  teknologi komunikasi wireless. Tingkat penetrasi mobile yang ada di sana tercatat berada pada lebih dari 220 persen dan layanan data nirkabel telah tumbuh delapan kali lipat dalam lima tahun terakhir.
Unknown

Unknown

20 comments:

  1. wahh sangat membantu infonya gan,

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. silahkan gan kalau sudah ada dalam jaringan 4.5G

      Delete
  3. Replies
    1. mungkin tahun depan 4G akan merata diseluruh indonesia terus disusul sama 4.5G gan

      Delete
  4. Mantap gan bisa makin ngebut nih internetan

    ReplyDelete
  5. wah wah wah .. ane aja masih belom nyoba yang 4G nya, eh udah ada lagi yang baruu >.<
    BTW mantap nih artikelnya ;)

    ReplyDelete
  6. >_< biar kecepatan 4.5g kah 100g kah , kalau kouta nda ada , sama aja boong gan :V hahaha
    Kunjungan dari Game4tm

    ReplyDelete
  7. Download 1,2 Gbps mah dipake di indonesia buat hal-hal negativ :v kalau bukan negatif ya paling buat download film atau ga games :v

    ReplyDelete
  8. duh hp ku masih support 3g, penyen nyoba 4gg, dan 4.5 udah mau ~~ duh duh kudet banget

    ReplyDelete
  9. Seandainya aja 4.5G LTE ini masuk ke Indonesia bakal lancar jaya ane main dotanya :v Tapi kita mah apa atuh,4G biasa aja belum semua wilayah dapet :(

    ReplyDelete
  10. Ini HP 4g bisa support 4,5g GA?

    ReplyDelete
  11. Untuk Jaringan 4.5G LTE Katanya indosat udah mule ya gan ? di jakarta bandung sama bali kalo gak salah

    ReplyDelete
  12. apakah kalau udah jaringan 4g bisa menikmati ke 4.5g gak gan

    ReplyDelete

Powered by Blogger.